Apa itu Kesadahan Air

Pernahkah Anda mendengar istilah kekerasan air/kesadahan air? Apakah sebenarnya arti istilah tersebut? Sederhananya, definisi dari kekerasan air adalah jumlah kalsium dan magnesium terlarut dalam air. Air keras adalah air yang memiliki banyak kandungan mineral tadi terlarut padanya. Kekerasan tersebut dapat dirasakan pada kulitmu. Ketika kamu mencuci tangan menggunakan air keras dan sabun, sabun tersebut akan beraksi dengan kalsium membentuk buih sabun. Sehingga, semakin keras air yang kamu pakai, tentu semakin banyak sabun atau deterjen yang dibutuhkan agar apa yang kamu cuci bersih. Namun bukan berarti air yang terlalu lunak juga bagus, karena air tersebut akan terasa licin di tangan.


0821 2742 3050 | Jual resin untuk pelunak air
 

Air keras juga memiliki beberapa keuntungan. Manusia membutuhkan mineral untuk tetap sehat. National Research Council (National Academy of Sciences) menyatakan bahwa meminum air keras secara umum memberikan kontribusi sedikit terhadap total kalsium dan magnesium yang dibutuhkan oleh manusia.

Mengukur Kekerasan Air
Kekerasan disebabkan oleh senyawa kalsium dan magnesium, dan berbagai logam lainnya. Garis besarnya, klasifikasi air menurut kadar mineralnya adalah:
  1. air lunak → 0-60 mg/L
  2. air sedikit keras → 60-120 mg/L
  3. air keras → 121-180 mg/L
  4. air sangat keras → >180 mg/L

Comments